Menu

Mode Gelap
Headline

News · 30 Jan 2023 22:15 WIB ·

Sekda Agam:  IMLF Bisa Dorong Peningkatan Literasi


 Sekda Agam:  IMLF Bisa Dorong Peningkatan Literasi Perbesar

MEDIKITA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Agam siap menyukseskan dan mendukung  iven International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang akan diselenggarakan tanggal 22- 27 Februari 2023  dipusatkan di Baso Kabupaten Agam. IMLF yang dihadiri  delegasi dari belasan negara dan dari berbagai provinsi di Indonesia diharapkan  dapat mempromosikan  Kabupaten Agam nantinya.

Hal itu terungkap pada rapat koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dengan Panitia IMLF, Senen (30/1/2023) di aula rapat Sekda Agam Kantor Bupati Agam. Rapat dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Drs. Edi Busti, M.Si, dihadiri beberapa Kepala Dinas terkait, Asisten, Inspektur Daerah, Kabag Setda, Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry dan Panitia IMLF.

Menurut Edi Busti, kegiatan IMLF yang dilaksanakan DPD Satupena Sumbar bekerja sama dengan Yayasan Sumbar Talenta diharapkan bisa mendorong peningkatan literasi. “Terutama peningkatan literasi di kalangan pelajar, guru maupun masyarakat umum yang ikut dalam kegiatan IMLF tersebut,” kata Edi Busti.

Dikatakan Edi Busti, OPD terkait dipersilakan memberikan dukungan sesuai dengan kewenangannya. Mudah-mudahan kegiatan IMLF memberikan manfaat positif kepada masyarakat di Kabupaten Agam khususnya.

Ketua DPD Satupena Sumatera Barat Sastri Bakry yang juga Ketua Panitia IMLF mengatakan ,  IMLF  resmi dibuka   22 Februari 2023 di  Padang. Selanjutnya delegasi IMLF  yang sudah tercatat lebih dari 10 negara tersebut akan dibawa wisata literasi ke Padang Panjang, Bukittinggi dan Baso, Agam. Ada lebih 200 orang terlibat iven besar ini.

Sastri Bakry  menyebutkan, beberapa kegiatan telah dipersiapkan oleh Panitia seperti seminar dengan tema Membangun Sinergi Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosio Kultural di Era Globalisasi, diskusi panel dengan berbagai topik, workshops menulis, literasi usia dini, pameran buku, bazar kuliner, pameran ekonomi kreatif, pameran lukisan, pertunjukan seni tradisi dan kontemporer serta tampilan masing-masing negara , Provinsi di Indonesia termasuk  seniman dan sastrawan Sumbar.

“Kegiatan selama IMLF ada yang berbayar, ada pula yang gratis untuk mengikutinya. Karena itu, panitia menghimbau kepada masyarakat yang peduli dan ingin lebih mendalami literasi bisa mengikuti kegiatan IMLF. Apalagi pesertanya ada yang dari luar negeri seperti dari Australia, Malaysia, Brunei, Rusia, India, Bangladesh dan sebagainya,” tutur Sastri Bakry menambahkan.  (*)

Artikel ini telah dibaca 142 kali

Baca Lainnya

17 Kabupaten/Kota Segera Tetapkan Anggota Dewan Terpilih

1 Mei 2024 - 21:34 WIB

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

2 Desember 2023 - 17:50 WIB

PCNU Kabupaten Solok Sukses Menggelar Apel Dan Bhakti Sosial Memperingati Hari Santri Nasional 2023

23 Oktober 2023 - 12:04 WIB

Hj Delmeria Perbaiki Akses Jalan Warga ke Puskesmas dan Mushalla

4 Oktober 2023 - 22:36 WIB

Sekretaris PWNU Sumbar Pompa Semangat PCNU Kabupaten Solok

27 September 2023 - 21:03 WIB

MWC NU Lembah Gumanti Kabupaten Solok Gelar Lailatul Ijtima’ Sekaligus Peringati Maulid Nabi

16 September 2023 - 16:22 WIB

Trending di News