Menu

Mode Gelap
Headline

Pendidikan · 25 Jun 2024 21:31 WIB ·

PIAUD FTK UINAR Sukses Selenggarakan International Conference Perdana


 Foto Bersama Narasumber pada Kegiatan ICYOL Perdana (dok.Istimewa) Perbesar

Foto Bersama Narasumber pada Kegiatan ICYOL Perdana (dok.Istimewa)

MEDIKITA.COM–Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry sukses menyelenggarakan International Conference on Young Learners (ICYOL) perdana pada Senin (24/06/2024). Kegiatan yang bertajuk “Leading Young Learners to be Strong and Healthy: Learning and Growing with Nature and Technology” tersebut diadakan secara hybrid, menggabungkan kehadiran langsung dan virtual melalui Zoom, yang dihadiri oleh 200 peserta.

Konferensi dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Habiburrahim, MA, Ph.D, Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Acara ini menampilkan dua keynote speaker terkenal, yaitu Prof. Vina Adriany, Ph.D, Direktur SEAMEO CECCEP, yang hadir secara virtual melalui Zoom, dan Prof. Mazlina Binti Che Mustafa dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, yang juga merupakan Direktur NCDRC (Pusat Perkembangan Kanak-Kanak Negara, Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia).

Dalam pidato kuncinya yang disampaikan melalui Zoom, Prof. Vina menyoroti pentingnya membangun budaya nir kekerasan terhadap anak sebagai dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Prof. Vina menegaskan bahwa memperlakukan anak-anak dengan rasa hormat dan kasih sayang tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan mereka, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dasar masyarakat yang beradab dan peduli.

Sementara itu, Prof. Mazlina, yang hadir secara langsung, membahas integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Beliau menguraikan strategi untuk secara efektif menggabungkan alat digital dalam proses pembelajaran, sambil tetap menjaga keseimbangan dengan pengalaman alam untuk mendorong pertumbuhan holistik. “Teknologi dapat menjadi alat yang kuat bila digunakan dengan benar, membantu anak-anak belajar dan tumbuh dengan cara yang lebih interaktif dan menarik,” ujar Prof. Mazlina.

Setelah sesi keynote speaker, konferensi dilanjutkan dengan Sesi Panel pada siang hari yang menghadirkan beragam presenter. Sesi ini memberikan kesempatan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi untuk berbagi wawasan dan praktik inovatif terkait tema konferensi. Sesi pagi dimoderatori oleh Putri Oktia Rezeki, M.Ed, dosen PIAUD UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang memandu jalannya diskusi dan tanya jawab dengan Keynote Speaker. Sesi siang dilanjutkan dengan panel presentasi yang dipandu oleh Dr. Andriansyah, Ph.D, juga dosen PIAUD UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang memoderatori diskusi antara para presenter dan peserta, memberikan ruang untuk interaksi yang dinamis dan berbagi pengetahuan.

Konferensi ini berhasil mengumpulkan pemikiran-pemikiran inovatif dan berbagi praktik terbaik dalam memajukan pendidikan anak usia dini dengan pendekatan yang holistik, menggabungkan unsur alam dan teknologi. Diharapkan hasil dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif serta mendukung tumbuh kembang anak-anak secara optimal. (admin)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kunjungan Balasan Kampus UT Malaysia ke Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK, Kedua Pihak Sepakat Perkuat Kerjasama

16 Juni 2024 - 20:18 WIB

Lolos Hibah Litmas 2024, Dosen UIN Ar-Raniry Laksanakan PKM Berbasis Komunitas di Aceh Tengah

5 Juni 2024 - 08:18 WIB

Demi Visi Unggul di ASEAN, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Laksanakan Program Pertukaran Mahasiswa ke Malaysia

21 Mei 2024 - 14:32 WIB

Undang DRKA, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital

21 Mei 2024 - 11:55 WIB

Maksimalkan Program MBKM, FISIP USK Jalin Kerjasama dengan BAPPEDA Kota Sabang

25 April 2024 - 20:03 WIB

Prodi PIAUD UIN Ar-Raniry Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Kolaboratif Internasional di Takengon

9 Februari 2024 - 18:39 WIB

Trending di Pendidikan