Menu

Mode Gelap
Headline

Pendidikan · 5 Jun 2024 08:18 WIB ·

Lolos Hibah Litmas 2024, Dosen UIN Ar-Raniry Laksanakan PKM Berbasis Komunitas di Aceh Tengah


 Tim PKM UIN Ar-Raniry dan Reje Pendere Saril dalam Kegiatan PKM (dok. Istimewa). Perbesar

Tim PKM UIN Ar-Raniry dan Reje Pendere Saril dalam Kegiatan PKM (dok. Istimewa).

MEDIKITA.COM–Dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh sukses melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis komunitas di Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah pada Selasa (04/06/2024). Kegiatan ini diketuai oleh Munawwarah, M.Pd., dengan tema “Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Limbah Konveksi Bagi Satuan PAUD Kecamatan Bebesen Aceh Tengah”.

Acara ini diselenggarakan di Aula Kantor Reje Pendere Saril. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Munawwarah, M.Pd., serta Reje Pendere Saril, Bapak Armi Yoga. Dalam kata sambutannya, Munawwarah menyampaikan pentingnya inovasi dalam pembuatan alat permainan edukatif yang ramah lingkungan dan berbasis bahan limbah konveksi. “Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas para guru PAUD dalam membuat alat permainan yang tidak hanya mendidik tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan,” ujar Munawwarah.

Sedangkan Reje Pendere Saril, Bapak Armi Yoga, juga memberikan sambutannya. Beliau mengapresiasi inisiatif UIN Ar-Raniry dan menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan anak usia dini di wilayahnya. “Kami sangat berterima kasih kepada UIN Ar-Raniry atas kontribusinya. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada para guru PAUD, tetapi juga mempererat hubungan antara lembaga pendidikan tinggi dan masyarakat lokal,” kata Armi Yoga.

Putri Rahmi, M.Pd.I., bertindak sebagai MC, sedangkan Rani Puspa Juwita, M.Pd., menjadi moderator acara. Fydia Ismiulya, M.Pd., seorang Guru TKIT Cendekia Takengon, berperan sebagai narasumber utama. Fydia memberikan materi mengenai teknik pembuatan alat permainan edukatif dari limbah konveksi. Fydia berbagi pengalamannya “dalam mengembangkan alat permainan, tidak hanya mengasah keterampilan motorik anak-anak, tetapi juga memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekitar”, pungkasnya.

Tim PKM dari UIN Ar-Raniry terdiri dari Dr. Herawati, M.Pd., dan Hijriati, M.Pd.I., yang turut serta memberikan kontribusi dalam kegiatan ini.

Di penghujung acara, tim PKM UIN Ar-Raniry menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas UINAR (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – LP2M) atas kesempatan hibah yang diberikan, yang memungkinkan terlaksananya kegiatan bermanfaat ini. (admin)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kunjungan Balasan Kampus UT Malaysia ke Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK, Kedua Pihak Sepakat Perkuat Kerjasama

16 Juni 2024 - 20:18 WIB

Demi Visi Unggul di ASEAN, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Laksanakan Program Pertukaran Mahasiswa ke Malaysia

21 Mei 2024 - 14:32 WIB

Undang DRKA, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital

21 Mei 2024 - 11:55 WIB

Maksimalkan Program MBKM, FISIP USK Jalin Kerjasama dengan BAPPEDA Kota Sabang

25 April 2024 - 20:03 WIB

Prodi PIAUD UIN Ar-Raniry Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Kolaboratif Internasional di Takengon

9 Februari 2024 - 18:39 WIB

Undang Pakar Mutu, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum

6 Desember 2023 - 12:12 WIB

Trending di Pendidikan