Yendri Junaidi, Lc., MA
ุงูุณูููุงูู ู ุนูููููููู ู ููุฑูุญูู ูุฉู ุงูููู ููุจูุฑูููุงุชููู
ุงููุญูู ูุฏู ูููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู ููููู ููุงูุตูููุงูุฉู ููุงูุณูููุงูู ู ุนูููู ุฃูุดูุฑููู ุงููุฃูููุจูููุงุกู ููุงููู ูุฑูุณููููููู ููุนูููู ุขูููู ููุตูุญูุจููู ุฃูุฌูู ูุนููููู ุ ุฃูู ููุง ุจูุนูุฏู
ููููุง ุนูุจูุงุฏู ุงููููุ ุฃูููุตูููููู ู ููููููุณููู ุจูุชูููููู ุงูููู ููููุฏู ููุงุฒู ุงููู ูุชููููููููุ ููุงุณูู ูุนูููุง ูููููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ููู ููุชูุงุจููู ุงููููุฑูููู ู:
ููุงุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ุขู ููููุง ุจูุงูููููู ููุฑูุณูููููู ููุงููููุชูุงุจู ุงูููุฐูู ููุฒูููู ุนูููู ุฑูุณูููููู ููุงููููุชูุงุจู ุงูููุฐูู ุฃูููุฒููู ู ููู ููุจููู ููู ููู ููููููุฑู ุจูุงูููููู ููู ูููุงุฆูููุชููู ููููุชูุจููู ููุฑูุณููููู ููุงููููููู ู ุงููุขุฎูุฑู ููููุฏู ุถูููู ุถูููุงููุง ุจูุนููุฏูุง (136)ย ุณูุฑุฉ ุงููุณุงุก
Kaum muslimin sidang jamaah Jumat yang berbahagiaโฆ
Islam adalah agama rahmatan lil โalamin. Semua kita tahu itu. Tapi apa buktinya kalau Islam adalah agama yang rahmat bagi semesta alam? Diantara buktinya adalah Islam itu sangat simpel, sederhana, mudah dan bisa dimasuki oleh siapa saja.
Analogi
Mari kita berikan sedikit analogi. Ada organisasi bernama Persatuan Wartawan Indonesia atau disingkat PWI. Apakah para dokter bisa menjadi anggotanya? Tidak. Ada juga organisasi bernama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), apakah wartawan bisa menjadi anggotanya? Tentu tidak. Ada persatuan ASN (Aparatur Sipil Negara), apakah karyawan swasta bisa masuk? Tidak. Semua sudah ada kotak-kotaknya.
Ini berbeda dengan Islam yang merupakan rumah besar bagi semua manusia. Karena itu, ajarannya sangat sederhana dan simpel. Untuk bisa masuk ke dalam agama mulia ini tidak diperlukan syarat-syarat khusus selain meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah.
Kemudian seseorang mesti meyakini apa yang disebut dengan rukun iman. Berapakah rukun iman itu? Hanya enam saja. Keenam rukun iman ini tidak ada yang bertentangan dengan fitrah, akal sehat dan nurani setiap manusia selama ia waras. Karena itu, Islam sangat mudah diterima oleh siapa saja. Karena itu pula ia layak disebut sebagai agama yang rahmatan lil โalamin.
Ketika orang-orang kampung datang kepada Nabi SAW dan bertanya tentang Islam, Nabi mengajarkan mereka tentang Islam dalam waktu yang sangat singkat. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim berikut ini:
ุนู ุทูููุญูุฉูย ุจูููย ุนูุจูููุฏูย ุงููููููุย ููููููู: ุฌูุงุกูย ุฑูุฌูููย ุฅููููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ูย ู ูููย ุฃูููููย ููุฌูุฏูย ุซูุงุฆูุฑูย ุงูุฑููุฃูุณูุย ููุณูู ูุนูย ุฏููููููย ุตูููุชูููย ูููุงูย ููููููููย ู ูุงย ูููููููุย ุญูุชูููย ุฏูููุงุย ููุฅูุฐูุงย ููููย ููุณูุฃูููย ุนูููย ุงูุฅูุณููุงูู ูุย ููููุงููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ู: ยซุฎูู ูุณูย ุตูููููุงุชูย ูููย ุงูููููู ูย ููุงููููููููุฉูยป. ููููุงูู: ููููย ุนููููููย ุบูููุฑูููุงุย ููุงูู: ยซูุงูุย ุฅููููุงย ุฃูููย ุชูุทููููุนูยป. ููุงููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ู: ยซููุตูููุงู ูย ุฑูู ูุถูุงููยป. ููุงูู: ููููย ุนููููููย ุบูููุฑูููุย ููุงูู: ยซูุงูุย ุฅููููุงย ุฃูููย ุชูุทููููุนูยป. ููุงูู: ููุฐูููุฑูย ููููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ูย ุงูุฒููููุงุฉูุย ููุงูู: ููููย ุนููููููย ุบูููุฑูููุงุย ููุงูู: ยซูุงูุย ุฅููููุงย ุฃูููย ุชูุทููููุนูยป. ููุงูู: ููุฃูุฏูุจูุฑูย ุงูุฑููุฌูููย ููููููย ููููููู: ููุงููููููย ูุงูย ุฃูุฒููุฏูย ุนููููย ููุฐูุงย ูููุงูย ุฃูููููุตูุย ููุงููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ู: ยซุฃูููููุญูย ุฅูููย ุตูุฏูููยป
Dari Thalhah bin Ubaidullah ra, ia berkata: โSeorang laki-laki dari Najd datang menemui Rasulullah Saw. Rambutnya acak-acakan. Ia bergumam tidak jelas. Sampai kemudian ia mendekat ke Rasulullah. Ternyata ia bertanya tentang Islam. Rasulullah Saw menjelaskan: โ(Islam itu) lima shalat sehari-semalam.โ Ia bertanya, โApakah ada kewajiban yang lain untukku?โ Rasulullah Saw menjawab: โTidak, kecuali kalau engkau mau melakukan yang sunnah.โ Rasulullah Saw melanjutkan, โDan berpuasa di bulan Ramadhan.โ Ia bertanya, โApakah ada yang lain?โ Rasulullah Saw menjawab: โTidak, kecuali engkau mau melakukan yang sunnah.โ Rasulullah Saw melanjutkan, โDan membayar zakat.โ Ia bertanya, โApakah ada yang lain?โ Rasulullah Saw menjawab: โTidak, kecuali kalau engkau mau menambah dengan yang sunnah.โ
Laki-laki itu kemudian berpaling sambil berkata: โDemi Allah, aku tidak akan menambah, tapi tidak juga mengurangi.โ Mendengar itu Rasulullah Saw bersabda: โIa beruntung jika ia jujur.โ
Perbedaan
Tapi kemudian ketika terjadi fitnah di masa Sayyiduna Utsman bin Affan, berlanjut ke masa Sayyiduna Ali, bermuncullah berbagai aliran dan mazhab, baik yang bercorak ideologis maupun pemahaman fiqih. Muncullah Murji`ah, Khawarij, Syiโah, dan sebagainya. Kemunculan berbagai kelompok ini sangat dipengaruhi oleh pertikaian berbagai pihak di masa itu, antara yang mendukung Utsman, Ali, dan Muawiyah.
Celakanya, pertikaian antar kelompok itu menyerempet ke masalah-masalah akidah. Akibatnya, akidah Islam yang sangat simpel dan sederhana di dalam al-Quran seakan berubah menjadi rumit, ribet dan memusingkan. Beberapa kelompok ada yang menambah rukun iman yang semula hanya enam dan sederhana menjadi begitu banyak dan rumit. Syiah, misalnya, mengatakan bahwa iman seseorang tidak diterima sampai ia meyakini bahwa seluruh imam ahlul bait yang berjumlah 12 orang adalah maโshum.
Apakah ini ada di dalam al-Quran? Tidak. Kelompok yang lain ada yang menjadikan masalah apakah al-Quran itu makhluk atau tidak sebagai sebuah ukuran akidah yang benar. Ada juga yang menjadikan masalah Imam Mahdi sebagai salah satu rukun iman.
Ini yang membuat masalah iman dan tauhid yang sesungguhnya sangat simpel dan mudah dicerna oleh siapa saja, menjadi rumit dan memusingkan. Ibarat air, semakin jauh dari sumbernya air itu akan semakin kotor.
Suatu kali, Imam Amru bin Murrah al-Jumali didatangi seorang laki-laki. Ia berkata: โAku datang ingin minta petunjuk. Aku telah masuk ke dalam berbagai firqah (kelompok). Tak satupun kelompok yang aku masuki melainkan ada ayat al-Quran yang dijadikannya sebagai pijakan. Dan tidaklah aku keluar dari satu kelompok melainkan ada juga ayat al-Quran yang dijadikan sebagai pijakan. Akhirnya aku berada dalam kebingungan.โ
Imam Amru bin Murrah bertanya, โEngkau bersumpah demi Allah bahwa engkau tidak datang kepadaku melainkan untuk meminta petunjuk?โ
Laki-laki itu berkata, โDemi Allah yang tiada Tuhan selain-Nya, aku datang padamu hanya untuk meminta petunjuk.โ
Melihat kesungguhan laki-laki itu, Imam Amru bin Murrah mulai mengajaknya berpikir.
โDari yang engkau lihat, apakah mereka (berbagai kelompok itu) berbeda tentang Muhammad adalah utusan Allah dan seluruh ajaran yang dibawanya adalah benar?โ ia menjawab, โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa al-Quran adalah kitabullah?โ
โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa agama Allah adalah Islam?โ
โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa Kaโbah adalah kiblat bersama?โ
โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa shalat yang wajib itu adalah lima?โ
โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan berpuasa?โ โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa dari setiap dua ratus dirham ada lima dirham yang wajib dizakatkan?โ
โTidak.โ
โApakah mereka berbeda bahwa mandi junub itu wajib?โ
โTidak.โ
Kemudian ia membaca ayat:
ููููย ุงูููุฐููย ุฃูููุฒูููย ุนูููููููย ุงููููุชูุงุจูย ู ูููููย ุขููุงุชูย ู ูุญูููู ูุงุชูย ูููููย ุฃูู ููย ุงููููุชูุงุจูย ููุฃูุฎูุฑูย ู ูุชูุดูุงุจูููุงุชู
โDialah yang telah menurunkan padamu al-Kitab. Diantaranya ada ayat-ayat muhkamat, itulah induk al-Kitab. Sementara yang lain ada ayat-ayat mutasyabihatโฆโ
Lalu ia bertanya pada laki-laki itu, โTahukah engkau apa yang dimaksud dengan muhkam?โ Laki-laki itu menjawab, โTidak.โ
โMuhkamย adalah segala sesuatu yang disepakati. Sementara mutasyabihย adalah segala sesuatu yang diperselisihkan. Kuatkan tekadmu untuk berpegang pada yang muhkamย dan hindari terlalu mendalami yang mutasyabih.โ
Setelah mendengarkan nasehat berharga itu, laki-laki tersebut berkata, โSegala puji bagi Allah yang telah membimbing diriku padamu. Demi Allah, sekarang aku lega.โ
ููุงุนูุชูุจูุฑูููุง ููุง ุฃููููู ุงููุฃูููุจูุงุจู ููุนููููููู ู ุชูููููุญููููู