Menu

Mode Gelap
Headline

Sosial Budaya · 30 Sep 2022 13:51 WIB ·

Kenali Pengaruh & Hubungan Budaya dengan Perilaku Konsumen


 Kenali Pengaruh & Hubungan Budaya dengan Perilaku Konsumen (medium.com) Perbesar

Kenali Pengaruh & Hubungan Budaya dengan Perilaku Konsumen (medium.com)

MEDIKITA.COM – Hubungan budaya dengan perilaku konsumen ternyata memiliki keterikatan. Dalam hal ini budaya bertindak sebagai faktor mendasar penentu perilaku seseorang. Secara gamblang, budaya merupakan faktor paling esensi dalam pengambilan keputusan oleh konsumen.

Pengaruh dan Hubungan Budaya dengan Perilaku Konsumen

Mempelajari dan menganalisa faktor lingkungan dan keinginan para konsumen memang penting. Suatu bisnis mampu berkembang dan memiliki peluang besar untuk sukses apabila menawarkan kualitas pelayanan konsumen yang baik.

Dalam hal ini, budaya sendiri memiliki arti sebuah konsep yang meliputi segala sesuatu secara luas yang berasal dari proses pemikiran individu dan perilaku yang menyertai. Nilai-nilai budaya akan memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumen. Dalam hal ini budaya bertindak sebagai orientasi yang menggambarkan refleksi terhadap hubungan antara individu dan kelompok masyarakat.

Dalam pemasaran suatu produk baik berupa barang maupun jasa, hubungan refleksi ini memiliki pengaruh utama, yakni kebudayaan sebagai faktor penentu keinginan dan perilaku seorang konsumen. Khususnya budaya akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan saat hendak membeli sesuatu.

Model Perilaku Konsumen

Hampir setiap hari konsumen mengambil berbagai keputusan untuk membeli sesuatu sebagai sarana memenuhi kebutuhan hidup. Pebisnis mengambil celah dari sisi ini untuk mengkaji dan meneliti secara rinci pada apa yang sebenarnya konsumen butuhkan.

Pengaruh Budaya

Diantara pengaruh budaya tersebut diantaranya;

  • Pengaruh budaya yang tidak disadari sehingga membuat konsumen mau tak mau mengalami perubahan. Hal ini terjadi karena pengaruh budaya bersifat alamiah dan otomatis.
  • Pengaruh budaya dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Anda bisa menemukan pengaruh ini dalam suatu produk yang memberikan panduan atau petunjuk. Hal ini nantinya akan berujung terhadap pemuasan kebutuhan fisik, personal, hingga sosial.

Sebagai makhluk sosial, kehidupan para konsumen tak terlepas dari mempengaruhi maupun dipengaruhi, baik untuk menghambat maupun mendorong mereka untuk mengambil keputusan membeli sesuatu. Hal yang sebaiknya Anda ketahui adalah penyebab paling mendasar yang mempengaruhi hubungan budaya dengan keinginan dan perilaku konsumen. (WY)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ternyata Sepenting Ini Peran Budaya dalam Pendidikan!

23 September 2022 - 10:32 WIB

Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia, Kenali Lebih Dekat!

21 September 2022 - 13:55 WIB

Ciri Kebudayaan Nasional, Identitas dan Jati Diri Bangsa

20 September 2022 - 14:35 WIB

Keragaman Sosial Budaya Indonesia, Ini Jenisnya

15 September 2022 - 07:00 WIB

Hubungan Budaya dan Agama yang Perlu Anda Ketahui

13 September 2022 - 10:52 WIB

Randang dan Budaya-Budaya di Nusantara yang Diakui Dunia

12 September 2022 - 10:34 WIB

Trending di Sosial Budaya