Menu

Mode Gelap
Headline

Kajian Islam · 9 Okt 2022 07:00 WIB ·

Inilah Syarat-syarat Wajib Shalat yang Harus Anda Penuhi!


 Inilah Syarat-syarat Wajib Shalat yang Harus Anda Penuhi! Perbesar

Sebagai seorang muslim, shalat adalah sebuah kewajiban. Namun hanya yang memenuhi persyaratan saja yang mesti melaksanakan shalat. Apakah Anda memenuhi persyaratan tersebut? Jika ya, maka Anda wajib untuk melaksanakannya.

Berikut ini kita akan membahas standar/persyaratan orang yang patut diberi beban salat. Seandainya ia tidak memenuhi persyaratan, maka salat tidak wajib baginya. Syarat-syarat wajibnya salat adalah sebagai berikut :

  1. Muslim

Salat tidak wajib, kecuali untuk muslim, karena merekalah yang akan melaksanakan ajaran Nabi Muhammad ﷺ. Akan tetapi orang kafir dan meninggal dalam keadaan kafir, maka ia tetap diazab karena meninggalkan segala kewajiban muslim berdasarkan firman Allah di dalam QS. al-Muddattsir ayat 42-47.

  1. Baligh

Salat baru wajib jika seseorang telah menginjak usia baligh. Ini karena Nabi ﷺ baru memberikan perintah pendidikan atas orang tua untuk anak pada mereka berusia tujuh tahun. Namun yang sudah berusia 9 tahun, yang merupakan usia awal baligh, Nabi ﷺ sudah memerintahkan pemukulan, karena saat itulah salat baru menjadi kewajiban.

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

Artinya : “Perintahkanlah anak-anakmu salat saat mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena (tidak) salat saat mereka berusia 10 tahun. Dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud no. 495)

  1. Berakal

Orang yang tidak berakal tidak wajib melaksanakan salat, karena ia tidak mampu untuk memahami kewajibannya sebagai manusia. Allah berfirman :

لا يكلف الله نفسا إلا وسعها

Artinya : “Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya,” (QS. al-Baqarah ayat 286)

  1. Suci dari Haid dan Nifas

Sebelumnya telah dijelaskan, beberapa pantangan atas wanita haid dan nifas. Salah satunya adalah salat. (lihat pada pembahasan haid dan nifas, dalam Bab Thaharah).

Apakah Anda sudah memenuhi semua persyaratan diatas? Jika sudah, artinya shalat adalah kewajiban Anda. (*)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Nilai Kontrol Syahwat Dalam Ibadah Puasa (2)

5 April 2023 - 11:46 WIB

Nilai Kontrol Syahwat Dalam Puasa Ramadan (1)

4 April 2023 - 14:18 WIB

Khutbah Jumat: Adil Dalam Menilai

17 Februari 2023 - 07:58 WIB

Khutbah Jumat: Iman Adalah Pengalaman

10 Februari 2023 - 07:50 WIB

Khutbah Jumat: Al-Quran, Sudahkah Kita Pahami?

3 Februari 2023 - 07:00 WIB

Khutbah Jumat: Memahami Hakikat Beragama

11 November 2022 - 10:10 WIB

Trending di Kajian Islam