Menu

Mode Gelap
Headline

Politik · 27 Sep 2023 23:11 WIB ·

Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo


 Foto: Pelantikan Pj Keuchik Gampong Mibo oleh Camat Kadafi (Istimewa). Perbesar

Foto: Pelantikan Pj Keuchik Gampong Mibo oleh Camat Kadafi (Istimewa).

MEDIKITA.COM- Camat Banda Raya Rahmat Kadafi melantik Penjabat (Pj) Keuchik Gampong Mibo yang bertempat di meunasah Mibo, Banda Aceh Pada Hari Selasa (27/09/2023). Turut hadir pada kesempatan itu Kepala DPMG Kota, Kadis Damkar, Ketua komisi 1 DPRK Kota, Muspika Banda Raya, Tuha Peut Gampong Lamlagang, Ketua Tim Penggerak PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Dalam Kesempatan tersebut, Keuchik Kadafi menyampaikan terkait Tupoksi Keuchik sebagai kepala pemerintahan “Sebagaimana kita ketahui bersama, keuchik sebagai kepala pemerintahan yang memimpin gampong mempunyai tugas yang besar. Keuchik bukan hanya harus mampu berperan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan, tetapi juga melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, memelihara ketertiban, kerukunan, ketentraman serta Keuchik harus mampu menjadi perantara untuk meringankan tugas camat’ ungkapnya.

Kadafi melanjutkan “untuk itu, dalam setiap hal pembangunan di gampong kami berharap agar dilakukan musyawarah yang melibatkan masyarakat, sehingga pembangunan di gampong benar-benar berbasis kebutuhan masyarakat, bukan keinginan segelintir orang saja”. Kadafi berharap “Gampong Mibo ini bisa terus berbenah dan membangun sehingga bisa tercapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Adapun SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Sebagai informasi, jika merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa. SDGs merupakan komitmen masyarakat internasional untuk kehidupan manusia menjadi lebih baik. SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator berkelanjutan bersifat universal. Karena itulah indikator SDGs dapat diaplikasikan untuk mengukur realitas pembangunan, baik di tingkat global, nasional, regional, daerah, dan bahkan sampai ke tingkat desa.

Terakhir, Camat Kadfi menyampaikan alasan pengunduran diri Keuchik sebelumnya, “bahwa Keuchik Gampong Mibo sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya dikarenakan mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari salah satu partai politik di Kota Banda Aceh” tutupnya. (wa)

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Undang DRKA, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital

21 Mei 2024 - 11:55 WIB

3 Bapaslon Perseorangan Menuju Pilkada 2024

13 Mei 2024 - 08:18 WIB

Wais Alqarni, Dosen FISIP USK Terpilih Sebagai Pansel Panwaslih Kota Banda Aceh

20 Maret 2024 - 08:25 WIB

Komisi I DPRK Banda Aceh Tetapkan Lima Orang Pansel Panwaslih

17 Maret 2024 - 11:26 WIB

Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD?

31 Oktober 2023 - 13:16 WIB

Pilchiksung di Kecamatan Banda Raya Berlangsung Tertib

18 Oktober 2023 - 22:45 WIB

Trending di Politik