Menu

Mode Gelap
Headline

Kesehatan · 7 Agu 2022 07:17 WIB ·

Bunda! Ini Tips Bagi Orang Tua untuk Menangani Anak ABK (Bagian 5 dari 10)


 foto: ilustrasi Perbesar

foto: ilustrasi

MEDIKITA.COM – Pentingnya bagi orang tua memahami cara menangani anak ABK yang tepat. Hal ini agar anak nantinya bisa hidup lebih mandiri. Namun, apabila tidak ada penanganan secara tepat, maka perkembangan kemampuan anak akan mengalami hambatan. Bahkan ada yang menjadi beban keluarga hingga masyarakat.

Inilah Cara Menangani Anak ABK yang Perlu Diketahui

Anak-anak kebutuhan khusus biasanya akan membutuhkan kasih sayang dan perhatian secara spesifik. Berikut ini adalah beberapa cara menangani anak-anak berkebutuhan khusus.

Orang Tua Harus Lebih Terbuka Pemikirannya

Sebelum menangani anak ABK, orang tua juga perlu memiliki pemikiran lebih terbuka. Sikap keterbukaan ini perlu Anda tunjukkan dengan menerima segala kondisinya saat ini. Pastikan untuk bisa mencari usaha dan cara yang tepat untuk mendidiknya. Tanamkan ke dalam diri Anda apabila anak berkebutuhan khusus bukanlah aib yang perlu ditutupi.

Lakukan Pengawasan Sejak Dini

Anak-anak dengan kebutuhan khusus pasti memerlukan pengawasan lebih dari anak-anak lainnya. Oleh karena itu, manfaat pengawasan sejak dini tentang tumbuh kembangnya. Cara ini perlu orang tua lakukan agar bisa mengetahui tiap tahap berkembangnya anak tersebut. Anda juga akan sedikit waspada apabila pada pertumbuhan fisik juga mentalnya tidak berubah dalam waktu lama.

Berikan Perhatian, Motivasi dan Bimbingan

Anak-anak kebutuhan khusus tentu akan memerlukan motivasi, perhatian, juga bimbingan lebih dari anak-anak yang lain. Anda perlu memberikan perhatian, motivasi yang besar serta intens. Hal ini akan membantu anak agar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Namun bagi orang tua akan membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Semua yang dilakukan demi perkembangan anak agar menjadi lebih maksimal. (WY)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cegah Stunting, Camat Bandaraya Lounching Kelas Ibu Balita

9 Desember 2023 - 17:04 WIB

Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan

22 September 2023 - 14:04 WIB

Terlalu Lama Jomblo Bikin Otak Lemot? Simak Ulasan Berikut ini!

8 Oktober 2022 - 20:01 WIB

Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng

24 September 2022 - 06:30 WIB

Tim Audit Stunting Kayong Utara Sasar Keluarga Beresiko

15 September 2022 - 16:16 WIB

Cara Merawat Gigi Supaya Tetap Sehat, Begini Langkah-langkahnya!

21 Agustus 2022 - 07:15 WIB

Trending di Kesehatan