NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Helmi: Dua Warga Sumbar Dapat Penghargaan dari Kamenag RI - Medikita.com

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

News · 3 Jan 2023 20:40 WIB ·

Helmi: Dua Warga Sumbar Dapat Penghargaan dari Kamenag RI


 Helmi: Dua Warga Sumbar Dapat Penghargaan dari Kamenag RI Perbesar

MEDIKITA.COM – Dua orang dari Sumatera Barat mendapat penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia yang diserahkan pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, Selasa (3/1/2023). Penyerahan penghargaan tersebut oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Dr. Helmi, M.Ag, mengatakan hal itu kepada Medikita.com, Selasa (3/1/2023) usai upacara peringatan HAB ke-77 di halaman Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Jalan Kuini Padang.  Menurut Helmi, yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama tersebut masing-masing Kepala Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan Abrar Munanda dan warga Kabupaten Sijunjung Datuak Sahbuddin.

“Sebagai Kepala Kemenag, Abrar dinilai berhasil menjalankan inovasi Pelita Hati. Inovasi yang dilakukan Abrar adalah menjelaskan ibadah haji ke rumah-rumah warga. Sehingga masyarakat semakin paham dengan pelaksanaan ibadah haji,” kata Helmi doktor lulusan UIN Imam Bonjol Padang ini.

Sedangkan Datuak Sahbuddin, kata Helmi, warga Kabupaten Sijunjung yang sudah bersedia menghibahkan lahan tanahnya seluas 1 hektar untuk pemakaman umat non-muslim yang wafat. Sebelumanya, warga non-muslim yang wafat dimakam ke Padang yang jaraknya lebih 100 km. Karena masyarakat tidak bersedia dimakamkan di pemakaman kaum yang sudah ada.

“Keikhlasan Datuak Sahbuddin yang bersedia memberikan tempat pemakaman bagi warga non-muslim ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama. Sehingga memudahkan pemakaman warga non-muslim di Kabupaten Sijunjung,” tutur Helmi menambahkan.

 

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara HAB ke-77, mengatakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat sangat berperan dalam kehidupan umat beragama. Pendekatan spiritual yang dilakukan Kemenag sangatlah penting. Karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan perjanjian kerja sama dengan Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

“Kita apresiasi dengan dukungan Kanwil Kemenag Sumbar sehingga Sumatera Barat meraih juara pada MTQ Kopri tingkat Nasional beberapa waktu lalu. Selain itu, Kemenag Sumbar juga mengaktif mendorong pelaksanaan wirid remaja di masyarakat. Prestasi demi prestasi juga diraih untuk Provinsi Sumatera Barat tentunya. Perubahan-perubahan yang dilakukan Kemenag Sumatera Barat dari tahun ke tahun juga menunjukkan hasil yang memuaskan,” kata Mahyeldi. (*)

 

Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

2 Desember 2023 - 17:50 WIB

PCNU Kabupaten Solok Sukses Menggelar Apel Dan Bhakti Sosial Memperingati Hari Santri Nasional 2023

23 Oktober 2023 - 12:04 WIB

Hj Delmeria Perbaiki Akses Jalan Warga ke Puskesmas dan Mushalla

4 Oktober 2023 - 22:36 WIB

Sekretaris PWNU Sumbar Pompa Semangat PCNU Kabupaten Solok

27 September 2023 - 21:03 WIB

MWC NU Lembah Gumanti Kabupaten Solok Gelar Lailatul Ijtima’ Sekaligus Peringati Maulid Nabi

16 September 2023 - 16:22 WIB

Mahmud: PJS Siap Dukung Pelaksanaan UKW di Daerah

26 Agustus 2023 - 17:38 WIB

Trending di News