NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Wamentan Canangkan Solsel Sentra Sorgum Nasional - Medikita.com

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

News · 1 Des 2022 00:25 WIB ·

Wamentan Canangkan Solsel Sentra Sorgum Nasional


 Wamentan Canangkan Solsel Sentra Sorgum Nasional Perbesar

MEDIKITA.COM – Guna mewujudkan kepatuhan dan mendukung program ketahanan pangan, pakan, dan energi nasional, Kabupaten Solok Selatan mulai melakukan penanaman tanaman serba manfaat, sorgum.

Pada tahap awal ini pemerintah dengan mengajak masyarakat mempersiapkan lahan seluas 566 hektar untuk sorgum.

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan kedatangannya beserta rombongan ke Solok Selatan menjadi bukti bawa di Indonesia pemerintah tetap hadir dan memberikan seluruh daya dan upayanya untuk memajukan masyarakat.

“Kalau pemerintah terus berinovasi, bergerak terus, masyarakat harusnya menyambut baik dan proaktoif. Kami di Kementan terus melakukan pengembangan, varietas alternatif seperti di sini bukan untuk substitusi. Seperti sorgum, poran, singkong, ini khasanah. Ini alternatif produk,” paparnya.

Untuk itu Harvick menyambut baik upaya pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk mendukung program ketahahan yang dicanangkan oleh pemerintah ini.

Sementara Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan adanya pencanangan kabupaten yang dipimpinnya menjadi sentra sorgum dinilai akan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

“Ini berkah untuk masyarakat Solok Selatan. Program ketahanan pangan tersebut menjadikan Solok Selatan sebagai cikal sentra sorgum nasional sehingga pasokan sorgum di Sumatera Barat dan nasional bisa terpenuhi. Hasilnya akan terlihat dari taraf perekonomian masyarakat,” kata Khairunas dalam sambutannya, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan Pencanangan Program Solok Selatan Menuju Sentra Sorgum Nasional – Integrasi Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Ketahanan Pangan, Ketahanan Pakan, dan Ketahanan Energi ini terlaksana hanya dalam satu bulan setelah pertemuan pertama Bupati Khairunas dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Khairunas mengakui, sorgum memang masih terbilang baru didengar oleh masyarakat Solok Selatan. Namun pemerintah telah memastikan program tersebut telah terintegrasi langsung dengan pembeli siaganya/offtaker dari hasil panen masyarakat.

“Setiap petani dan kelompok tani telah menandatangani kerja sama dengan PT Sorgum Indonesia Grup… jadi semuanya sudah melakukan penandatanganan sehingga sudah terjamin pasar dan harganya,” terang Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan upaya pemerintah untuk menjadikan sentra sorgum ini menjadi berita gembira dan menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat Solok Selatan untuk bisa menjadi lebih maju dan sejahtera.

“Solok Selatan terdiri dari 60% hutan dan lahan tidur, lalu sebagian besar pekerjaan penduduknya adalah bertani. Sehingga Solok Selatan dinilai menjanjikan dari segi apapun,” kata Zigo.

Zigo mengungkapkan berdasarkan data yang diterimanya, dalam waktu kurang dari satu bulan sudah terdapat sebanyak 560 hektar lahan petani yang siap untuk ditanami sorgum.

“Antusiasmenya luar biasa. Untuk itu perlu diselaraskan antara program pemerintah dengan petani dan pengusaha,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ini, Kementan berikan bantuan kepada Pemkab Solok Selatan berupa dua unit mini ekskavator, empat unit traktor dan combine hesvester. Sementara untuk bantuan sapi akan dugulirkan pada tahun depan. (MZ)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

2 Desember 2023 - 17:50 WIB

PCNU Kabupaten Solok Sukses Menggelar Apel Dan Bhakti Sosial Memperingati Hari Santri Nasional 2023

23 Oktober 2023 - 12:04 WIB

Hj Delmeria Perbaiki Akses Jalan Warga ke Puskesmas dan Mushalla

4 Oktober 2023 - 22:36 WIB

Sekretaris PWNU Sumbar Pompa Semangat PCNU Kabupaten Solok

27 September 2023 - 21:03 WIB

MWC NU Lembah Gumanti Kabupaten Solok Gelar Lailatul Ijtima’ Sekaligus Peringati Maulid Nabi

16 September 2023 - 16:22 WIB

Mahmud: PJS Siap Dukung Pelaksanaan UKW di Daerah

26 Agustus 2023 - 17:38 WIB

Trending di News