NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Dewan Pers Sambut Kehadiran PJS, Siap Menjadi Konstituen - Medikita.com

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

News · 20 Okt 2022 17:47 WIB ·

Dewan Pers Sambut Kehadiran PJS, Siap Menjadi Konstituen


 Dewan Pers Sambut Kehadiran PJS, Siap Menjadi Konstituen Perbesar

MEDIKITA.COM – Dewan Pers menyambut baik dan mendukung kehadiran Pemerhati Jurnalis Siber (PJS).

Plt Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya mengatakan, Dewan Pers akan menerima dan mendukung organisasi manapun yang memiliki tujuan untuk mendorong kebebasan pers.

“Kami mengapresiasi PJS karena mengambil peran mendorong dan meningkatkan jurnalis siber agar tunduk dan patuh terhadap kode etik jurnalistik,” kata Agung saat menerima audiensi PJS di Gedung Dewan Pers pada Kamis (20/10/2022).

Ditambahkannya, Dewan Pers membuka peluang sebesar-besarnya kepada organisasi manapun yang ingin menjadi organisasi profesional dengan memenuhi ketentuan dari Dewan Pers.

“Sepanjang ketentuan dan aturan yang berlaku maka rasanya memungkinkan menjadi konstituen Dewan Pers,” katanya.

Sementara itu, Plt Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba dalam sambutannya mengatakan jika sejak awal dirinya bersama teman-teman yang se-visi menggagas lahirnya PJS sudah memberi batasan jika PJS merekrut anggota bukan dari anggota organisasi sejenis.

“Kami telah membuat kesepakatan. Sehingga kehadiran PJS di tengah-tengah masyarakat tidak menimbulkan kegaduhan,” tegas Mahmud yang didampingi Ketua Panitia Munas I PJS, Ridwan Mooduto bersama anggota panitia lainnya.

Mahmud yang juga Ahli Pers Dewan Pers itu mengatakan jika PJS siap mendukung tujuan dan cita-cita Dewan Pers. Yakni menjadikan jurnalis kompeten dan profesional.

“Kehadiran PJS tentunya mau bergandengan tangan mendukung dan bersama-sama dengan Dewan Pers untuk mewujudkan jurnalis yang baik dan benar,” kata Mahmud.

“Bukan hanya sekedar memahami kaidah penulisan berita, tetapi jauh dari itu adalah menjadikan jurnalis yang berintegritas yang mampu menjaga marwah pers secara keseluruhan,” tegasnya.

Mahmud juga mengingatkan jika roh dari PJS adalah pendidikan dan pelatihan menuju jurnalis kompeten.

Secara umum, Mahmud juga menyampaikan rencana penyelenggaraan Munas I PJS yang akan digelar pada akhir bulan November 2022 mendatang.

Ia meminta Dewan Pers hadir dalam memberikan penguatan terkait materi Kode Etik Jurnalistik bagi anggota PJS yang bakal hadir dari seluruh wilayah nusantara.

Hadir pula Anggota Dewan Pers, Asmono Wikan serta Tenaga Ahli Dewan Pers Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri.

Juga staf Sekretariat Dewan Pers, Sariful yang juga membidangi Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers. (WY)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

2 Desember 2023 - 17:50 WIB

PCNU Kabupaten Solok Sukses Menggelar Apel Dan Bhakti Sosial Memperingati Hari Santri Nasional 2023

23 Oktober 2023 - 12:04 WIB

Hj Delmeria Perbaiki Akses Jalan Warga ke Puskesmas dan Mushalla

4 Oktober 2023 - 22:36 WIB

Sekretaris PWNU Sumbar Pompa Semangat PCNU Kabupaten Solok

27 September 2023 - 21:03 WIB

MWC NU Lembah Gumanti Kabupaten Solok Gelar Lailatul Ijtima’ Sekaligus Peringati Maulid Nabi

16 September 2023 - 16:22 WIB

Mahmud: PJS Siap Dukung Pelaksanaan UKW di Daerah

26 Agustus 2023 - 17:38 WIB

Trending di News