NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng - Medikita.com

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

Kesehatan · 24 Sep 2022 06:30 WIB ·

Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng


 Ilustrasi, Kolesterol Tinggi (dansulin.co.id) Perbesar

Ilustrasi, Kolesterol Tinggi (dansulin.co.id)

MEDIKITA.COM – Sekitar 30 persen penduduk Indonesia menderita gangguan terkait kolesterol. Gangguan ini termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Bukan hanya manula saja yang berisiko terkena penumpukan kolesterol. Orang-orang muda dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat terserang penyakit kolesterol.

Penyebab utama kolesterol adalah para penikmat Makanan Cepat Saji, perokok, dan penggemar olahraga minimal alias malas berolahraga.

Kolesterol adalah salah satu dari banyak komponen penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah yang cukup. Memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah bagi tubuh.

Hal ini karena kolesterol membantu tubuh memproses berbagai hormon, vitamin dan fungsi lainnya. Karena kadar kolesterol dalam aliran darah tidak menyebabkan gejala tertentu.

Penting untuk mengetahui berbagai tanda kolesterol tinggi berikut ini;

Mudah Mengantuk

Menguap karena kadar oksigen rendah biasanya terjadi karena penumpukan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Kesemutan

Merasakan sensasi kesemutan di tangan, pergelangan tangan, atau kaki menunjukkan kurangnya aliran darah yang tepat menuju syaraf.

Nyeri leher atau Bahu

Leher atau bahu yang mengeras bisa jadi akibat kurangnya oksigen dan aliran darah ke area tersebut karena penumpukan kolesterol. Mengabaikan masalah ini secara terus-menerus dapat menyebabkannya permanen.

Sakit kepala

Ini adalah gejala umum yang berhubungan dengan migrain. Salah satu tanda peningkatan kadar kolesterol adalah sakit kepala tegang di bagian belakang.

Sakit Kaki

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan rasa sakit di kaki karena aliran darah yang tersumbat di arteri. Hal ini menyebabkan aliran darah ke kaki terhambat.

Xanthelasma,

Benjolan kecil dan padat muncul di bawah kulit pada area seperti lutut, siku, atau kelopak mata. Deposit kolesterol biasanya muncul sebagai bintik kekuningan di ujung kelopak mata.

Perlemakan Hati

Deposit lemak yang signifikan di hati menyebabkan ketidaknyamanan seperti, kembung dan bahkan mual. Keadaan seperti ini dapat meningkatkan risiko sirosis dan kanker hati.

Stroke

Memiliki aliran darah yang rendah ke otak dapat disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol. Hal ini menyebabkan gejala muntah, pusing dan sakit kepala parah di satu sisi tubuh.

Kram

Gejala kolesterol tinggi sering kali termasuk kelelahan yang menyebabkan kram. Hal ini kadang bisa  dialami sebagian orang saat bangun dari tidur.

Obesitas dan Diabetes

Mempunyai kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan penumpukan lemak dan penyakit gula

Impotensi

penurunan masalah seksual pada pria juga merupakan akibat dari meningkatnya kadar kolesterol. (WY)

Artikel ini telah dibaca 212 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cegah Stunting, Camat Bandaraya Lounching Kelas Ibu Balita

9 Desember 2023 - 17:04 WIB

Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan

22 September 2023 - 14:04 WIB

Terlalu Lama Jomblo Bikin Otak Lemot? Simak Ulasan Berikut ini!

8 Oktober 2022 - 20:01 WIB

Tim Audit Stunting Kayong Utara Sasar Keluarga Beresiko

15 September 2022 - 16:16 WIB

Cara Merawat Gigi Supaya Tetap Sehat, Begini Langkah-langkahnya!

21 Agustus 2022 - 07:15 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tips Sederhana Berikut!

20 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Trending di Kesehatan