Menu

Mode Gelap
Tahukan Anda Apa Itu Shalat? Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng Khutbah Jumat: Melemparkan Kesalahan Pada Orang Lain Tips Liburan ke Bromo, Solo Travelling ala Backpacker Lebih Seru! Sah! Sandy Walsh dan Jordy Amat Jadi WNI, Siap Tampil Melawan Curacao?

Ekonomi · 22 Sep 2022 12:37 WIB ·

Prinsip Ekonomi Kerakyatan, Kenali Apa Saja Poin Dasarnya!


 Prinsip Ekonomi Kerakyatan, Kenali Apa Saja Poin Dasarnya! (pexels.com) Perbesar

Prinsip Ekonomi Kerakyatan, Kenali Apa Saja Poin Dasarnya! (pexels.com)

MEDIKITA.COM – Ekonomi kerakyatan berpengaruh terhadap kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Dalam pelaksanaannya, ekonomi ini memiliki prinsip. Untuk mengetahui apa saja prinsip ekonomi kerakyatan, Anda bisa simak uraian berikut.

Kenali Prinsip Ekonomi Kerakyatan

Pada dasarnya, sistem ekonomi ini memiliki 3 prinsip. Apa saja prinsip tersebut? Prinsip yang pertama yaitu tersusun sebagai usaha bersama. Dalam hal ini, sistem ekonomi kerakyatan mengusung asas kekeluargaan sehingga tidak ada perilaku menyimpang, penindasan, maupun keputusan sepihak.

Prinsip selanjutnya yaitu sebagai cabang produksi yang penting untuk negara. Ekonomi kerakyatan ini menguasai hajat hidup banyak orang. Dengan demikian, memajukan sistem ekonomi kerakyatan perlu dilakukan karena berdampak pada banyak pihak, tak terkecuali negara.

Prinsip ekonomi yang ketiga yaitu bumi, air, serta semua kekayaan yang ada di dalamnya jadi kuasa negara. Kekayaan tersebut difungsikan untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. Dengan melihat ketiga prinsip tersebut, tampak jelas bahwa negara memiliki andil besar dalam memajukan sistem ekonomi.

Peran Negara dalam Memajukan Ekonomi Kerakyatan

Selain mencermati prinsip di atas, pastikan juga tak melewatkan peran negara untuk memajukan ekonomi kerakyatan. Adapun beberapa perannya yaitu mengembangkan BUMN, UMKM, dan koperasi. Hal ini bertujuan demi membantu rakyat untuk memenuhi setiap keperluan ekonominya.

Peran negara berikutnya yakni berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi tiap hak warga negaranya. Adapun hak yang dimaksud yakni hak untuk memperoleh pekerjaan sekaligus penghidupan layak. Tak berhenti di situ saja, negara juga berperan penting dalam memelihara fakir, miskin, serta anak terlantar.

Pahami prinsip ekonomi kerakyatan di atas lengkap dengan peran negaranya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa sistem ekonomi memiliki peranan tersendiri dalam menjaga kesejahteraan bangsa. Bangsa yang makmur bisa dilihat dari baik atau tidaknya sistem ekonomi yang berjalan. (WY)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jenis UMKM yang Berpotensi Mendorong Ekonomi Kerakyatan!

23 September 2022 - 10:13 WIB

Permasalahan Ekonomi Kerakyatan yang Perlu Mendapatkan Perhatian

21 September 2022 - 13:23 WIB

Bung Hatta Cetuskan Sistem Ekonomi Kerakyatan, Simak Pengertian Hingga Ciri-cirinya Ini!

20 September 2022 - 09:55 WIB

Wajib Tahu! Ini Contoh Ekonomi Kerakyatan di Indonesia

16 September 2022 - 13:00 WIB

Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Kerakyatan yang Menginspirasi, Cek di Sini!

16 September 2022 - 09:53 WIB

Peluang Pendanaan Ekonomi Kerakyatan dan Strategi Pengembangannya

15 September 2022 - 06:00 WIB

Trending di Ekonomi