Menu

Mode Gelap
Tahukan Anda Apa Itu Shalat? Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng Khutbah Jumat: Melemparkan Kesalahan Pada Orang Lain Tips Liburan ke Bromo, Solo Travelling ala Backpacker Lebih Seru! Sah! Sandy Walsh dan Jordy Amat Jadi WNI, Siap Tampil Melawan Curacao?

Sosial Budaya · 21 Sep 2022 13:55 WIB ·

Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia, Kenali Lebih Dekat!


 Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia, Kenali Lebih Dekat! (pexels.com) Perbesar

Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia, Kenali Lebih Dekat! (pexels.com)

MEDIKITA.COM – Tentu bukan rahasia lagi jika budaya yang ada di Indonesia sangat beragam. Keberagaman budaya ini memiliki peranan penting tersendiri. Lantas apa fungsi keragaman budaya tersebut?

Mengenal Fungsi Keragaman Budaya

Salah satu kegunaan keberagaman budaya yang ada di Indonesia yaitu jadi daya tarik bagi wisatawan asing. Perlu untuk Anda ketahui, budaya yang ada di Indonesia tak bisa ditemui di negara lain. Oleh karena itu budaya Indonesia menarik perhatian dunia.

Bahkan tak sedikit daerah yang maju dengan mengandalkan budaya. Dengan kemampuan mencuri perhatian wisatawan asing, budaya tersebut bisa menghasilkan pundi-undi. Akibatnya, dana yang diperoleh bisa untuk memajukan daerahnya.

Budaya dan Toleransi

Tak cukup itu saja, peran keberagaman budaya juga berkaitan dengan toleransi. Hal ini karena budaya di setiap daerah jelas berbeda. Sikap toleransi pun tumbuh untuk menghargai tiap perbedaan tersebut.

Nyatanya toleransi tak hanya dibutuhkan dalam menghargai keberagaman agama di Indonesia saja, melainkan juga budaya. Dengan adanya toleransi, maka perbedaan budaya tak akan menimbulkan perpecahan. Bahkan keberagaman budaya tersebut justru saling melengkapi satu sama lain.

Peran keberagaman budaya selanjutnya yaitu mengembangkan kebudayaan nasional. Bukan tanpa alasan, Budaya nasional bisa berkembang menjadi lebih maju dan kian beragam yang berasal dari tiap daerah.

Lahirnya Inovasi Baru

Disamping itu, keberagaman budaya juga mampu melahirkan inovasi budaya baru. Di balik semua itu, budaya termasuk identitas, jati diri, dan ciri khas yang dimiliki suatu bangsa. Sudah jadi keharusan untuk ikut menjaganya supaya tetap lestari sampai ke generasi mendatang.

Dari ulasan di atas, Anda bisa melihat secara jelas betapa banyaknya fungsi keragaman budaya. Dengan fungsi- fungsi tersebut, adanya budaya yang beragam jelas menguntungkan suatu negara tersebut. Bahkan keberagaman budaya bisa menjadi kebanggaan tersendiri dan patut untuk dilestarikan. (WY)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ternyata Sepenting Ini Peran Budaya dalam Pendidikan!

23 September 2022 - 10:32 WIB

Ciri Kebudayaan Nasional, Identitas dan Jati Diri Bangsa

20 September 2022 - 14:35 WIB

Keragaman Sosial Budaya Indonesia, Ini Jenisnya

15 September 2022 - 07:00 WIB

Hubungan Budaya dan Agama yang Perlu Anda Ketahui

13 September 2022 - 10:52 WIB

Randang dan Budaya-Budaya di Nusantara yang Diakui Dunia

12 September 2022 - 10:34 WIB

Inilah Jenis-Jenis Budaya yang Perlu Kita Ketahui, Apa Saja?

10 September 2022 - 09:09 WIB

Trending di Sosial Budaya