Menu

Mode Gelap
Tahukan Anda Apa Itu Shalat? Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng Khutbah Jumat: Melemparkan Kesalahan Pada Orang Lain Tips Liburan ke Bromo, Solo Travelling ala Backpacker Lebih Seru! Sah! Sandy Walsh dan Jordy Amat Jadi WNI, Siap Tampil Melawan Curacao?

Kesehatan · 15 Sep 2022 16:16 WIB ·

Tim Audit Stunting Kayong Utara Sasar Keluarga Beresiko


 Made Sulandri, Kabid Dalduk KB Dinkes KB Kayong Utara Turun Langsung Kunjungi Rumah Ibu Nifas pada Senin (12/09). Perbesar

Made Sulandri, Kabid Dalduk KB Dinkes KB Kayong Utara Turun Langsung Kunjungi Rumah Ibu Nifas pada Senin (12/09).

MEDIKITA.COM – Tim audit kasus stunting Kabupaten Kayong Utara melaksanakan kunjungan rumah kepada keluarga berisiko stunting.

Sasarannya adalah calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin dan balitadi Desa Podorukun Kecamatan Seponti dan Desa Mas Bangun Kecamatan Teluk Batang

Kegiatan audit akan dimulai tanggal 12 hingga 20 September mendatang dengan cakupan di desa 6 lokus. Yaitu Podorukun, Mas Bangun, Padu Banjar, Nipah Kuning, Benawai Agung dan Kemboja.

Made Sulandri, Kepala bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Kayong Utara, mengatakan bahwa kegiatan audit merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangkaian tindak lanjut kegiatan tematik pendampingan oleh PLKB/PKB dan Tim Pendamping Keluarga.

“Dipilihnya 6 Desa lokus tersebut berdasarkan Analisis Situasi dengan menyandingkan Data EPPGBM dan data PK21 dengan tingkat kasus stunting dan keluarga berisiko stunting tertinggi,” Jelas Made.

Kegiatan audit ini mengambil sampel rumah tangga yang sangat berisiko sebanyak 3 orang dari masing-masing sasaran yang tersebar di 6 Desa lokus tersebut.

“Sebelum turun ke rumah warga kita melakukan verifikasi data terlebih dahulu di Kantor Desa dengan petugas gizi, PLKB, Bidan Desa dan di dampingi oleh Kepala Desa dan Kepala Dusun,” jelasnya.

Data hasil dari kunjungan rumah ini lanjut Made, akan diserahkan kepada tim pakar untuk dilakukan penilaian.

Tambah Made, penilaian oleh tim pakar nanti akan disampaikan melalui kegiatan diseminasi terhadap kasus stunting dengan pelibatan tim percepatan Penurunan stunting tingkat Kabupaten.

Tim Pakar memberikan rekomendasi terkait faktor-faktor penyebab terjadinya stunting dan rencana kerja tindak lanjut di masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Kayong Utara.

Tim Pakar untuk Audit Kasus Stunting Berdasarkan keputusan Bupati Kayong Utara tanggan 5 Juli 2022 adalah dr. Maria Christine Florens Sandra, Sp. A (Dokter Spesialis Anak), dr. Devi Meliana Syam, Sp. OG (Dokter Spesialiss Obstetri dan Ginekologi dari RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1), Agus Tri Handoko, S.Psi. Psikolog, M.M (Himpunan Psikolog Indonesia), dan Didik Hariyadi, S.Gz, M.Si (Asosiasi Institut Pendidikam Tinggi Gizi Indonesia). (AS)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng

24 September 2022 - 06:30 WIB

Cara Merawat Gigi Supaya Tetap Sehat, Begini Langkah-langkahnya!

21 Agustus 2022 - 07:15 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tips Sederhana Berikut!

20 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Benar, Lakukan Hal Ini!

19 Agustus 2022 - 07:05 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah Agar Tetap Sehat, Ini Dia!

19 Agustus 2022 - 06:30 WIB

Buah untuk Penyakit Limpa yang Bisa Dikonsumsi

17 Agustus 2022 - 19:20 WIB

Trending di Kesehatan