Menu

Mode Gelap
Tahukan Anda Apa Itu Shalat? Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng Khutbah Jumat: Melemparkan Kesalahan Pada Orang Lain Tips Liburan ke Bromo, Solo Travelling ala Backpacker Lebih Seru! Sah! Sandy Walsh dan Jordy Amat Jadi WNI, Siap Tampil Melawan Curacao?

Tekno & Sains · 19 Agu 2022 07:10 WIB ·

Teknologi Terbaru Internet of Things, Ini Komponen dan Cara Kerjanya!


 Teknologi Terbaru Internet of Things, Ini Komponen dan Cara Kerjanya! Perbesar

MEDIKITA.COM – Di Indonesia sendiri, semakin hari teknologinya kian mengalami perkembangan secara pesat. Berbagai terobosan anyar juga mulai bermunculan, salah satunya yaitu IoT alias Internet of Things.

Sebetulnya, IoT sendiri sudah sejak lama berkembang, namun dewasa ini namanya semakin populer.

Lebih dari sekedar istilah keren, adanya IoT pada zaman transformasi digital seperti saat ini sangat dibutuhkan bisnis dari berbagai sektor industri.

Ya, berkat IoT ini, akhirnya tidak sedikit bisnis yang mampu berevolusi dengan sukses, menciptakan inovasi serta layanan canggih berteknologi pintar juga terintegrasi.

Pengertian Internet of Things

Melansir dari laman Wired, IoT ini merupakan teknologi yang memungkinkan satu objek untuk bisa berkirim data melalui koneksi tanpa membutuhkan bantuan manusia dan komputer.

Secara teknis, IoT mempunyai beberapa komponen teknologi pendukung yang memungkinkan IoT mampu bekerja secara maksimal. Apa saja komponen tersebut?

Sensor

Sensor ini mampu mengubah perangkat IoT, lebih tepatnya pada segi jaringan dari sistem yang pasif berubah jadi aktif serta terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau AI jadi salah satu benang merah yang ‘menghidupkan’ IoT. Dengan kecerdasan buatan, perangkat mampu berkomunikasi secara ;pintar.

Perangkat IoT yang berbekal AI juga dapat melakukan kemampuan analisis yang lebih komplek. Misalnya koleksi data, mengatur jaringan, hingga mengembangkan algoritma.

Sehingga, lahirnya kecerdasan buatan pada perangkat IoT pun memungkinkan mereka bisa beraktivitas sendiri tanpa harus menerima arahan dari penggunanya.

Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan pun jadi komponen yang mendukung sistem IoT untuk bisa melakukan komunikasi dengan lancar. Ya, perangkat IoT butuh konektivitas yang berjalan stabil, namun tak perlu hadir dalam laut berukuran besar.

Perangkat Mikro

Hadirnya perangkat mikro (ukurannya kecil) bisa meningkatkan ketepatan, skalabilitas, serta fleksibilitas performa IoT tersebut. Makin kecilnya perangkat pun bakal punya nilai biaya yang sedikit pula.

Cara Kerja Perangkat IoT

Sederhananya, IoT bekerja dengan memanfaatkan arahan dari pemrograman yang tiap-tiap instruksinya mampu menghasilkan interaksi ke sesama perangkat terkoneksi secara otomatis. Tanpa ada intervensi pengguna, bahkan untuk jarak yang jauh sekalipun.

Adapun faktor penting yang jadi kelancaran perangkat Internet of Things yaitu jaringan internet yang menjadi penghubung antara sistem dan juga perangkat.

Sementara itu, dalam tahap ini, manusia hanya jadi monitor untuk tiap-tiap perilaku perangkat pada saat mereka bekerja. (WY)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Oppo Reno 8 4G dan 5G Resmi Rilis di Indonesia, Speknya Bikin Ngiler!

21 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Artificial Intelligence, Salah Satu Teknologi Terbaru dan Tercanggih

21 Agustus 2022 - 11:16 WIB

Spesifikasi Samsung Z Flip 4 Terbaru, Tertarik Membeli?

18 Agustus 2022 - 07:02 WIB

Wuling Air Ev, Mobil Listrik Ramah Lingkungan dengan Fitur Keren

17 Agustus 2022 - 19:34 WIB

Proyek Ambisius Pangeran Arab Saudi, Megacity Futuristik The Line NEOM

9 Agustus 2022 - 12:26 WIB

Proyek Ambisius Pangeran Arab Saudi, Megacity Futuristik The Line NEOM

7 Langkah Penting Untuk Menjadi Blogger Sukses

5 Agustus 2022 - 23:26 WIB

7 langkah yang paling penting untuk menjadi blogger sukses
Trending di Ragam