NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Peran Lingkungan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

Kesehatan · 10 Agu 2022 07:00 WIB ·

Peran Lingkungan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Ini yang Bisa Kita Lakukan! (Bagian 7 dari 10)


 Kita yang berada di  Lingkungan Anak Berkebutuhan Khusus bisa mengambil peran positif untuk membantu perkembangan mereka sebagai anak istimewa. Perbesar

Kita yang berada di Lingkungan Anak Berkebutuhan Khusus bisa mengambil peran positif untuk membantu perkembangan mereka sebagai anak istimewa.

MEDIKITA.COM – Peran lingkungan terhadap anak berkebutuhan khusus tentunya sangat besar.  Mungkin tidak kita sadari sering kali banyak orang berpendapat bahwa peran lingkungan tidak terlalu dibutuhkan bagi anak berkebutuhan khusus.

Mereka beranggapan peran orang tualah yang paling berpengaruh, padahal lingkungan sekitar anak berkebutuhan khusus juga memiliki peranan cukup besar.

Terlebih anak yang berkebutuhan khusus ini tentunya memiliki perilaku, mental, emosi, fisik hingga daya pikir yang berbeda dengan anak pada umumnya.

Untuk itu, berikut ini beberapa peran dari lingkungan untuk anak berkebutuhan khusus yang harus Anda tahu. Lantas bagaimana lingkungan sekitar mereka harus menyikapinya?

Sikap yang Wajib Dimiliki oleh Masyarakat Lingkungan Tempat ABK Tumbuh

Penerimaan terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) oleh lingkungan menjadi faktor yang sangat penting untuk kita perhatikan. Sebab anak ABK akan tumbuh dengan keseharian lingkungan tersebut sehingga masyarakat wajib memberikan perhatian khusus di dalamnya.

Anak-anak istimewa ini wajib untuk diterima dengan baik tanpa dibeda-bedakan serta wajib mendapatkan hak-hak yang sama seperti anak-anak di usianya. Selain itu masyarakat tidak boleh mencemooh dan mengucilkan.

Hal ini akan membawa mental yang tidak stabil sehingga membuat mereka menjadi anti sosial dan akan mengganggu pertumbuhan mentalnya.

Ajaklah Aktif Beraktivitas di Lingkungan

Mengajak anak ABK untuk aktif mengikuti berbagai acara di lingkungan memang merupakan sebuah tantangan tersendiri. Anak ABK dengan segala keterbatasannya akan sedikit terhambat daripada anak-anak yang bertumbuh normal.

Namun ini tidak terlalu penting saat mereka diterima dengan baik di lingkungan tempat mereka tinggal. Dengan penanganan dan pengawasan yang tepat anak-anak ini akan tumbuh sama cemerlangnya dengan teman seusianya tanpa harus dibeda-bedakan.

Sehingga peran lingkungan terhadap anak berkebutuhan khusus serta pendampingan keluarga yang berkontribusi untuk menciptakan anak-anak ABK mampu berbaur di lingkungan adalah sebuah kewajiban. (WY)

Artikel ini telah dibaca 655 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cegah Stunting, Camat Bandaraya Lounching Kelas Ibu Balita

9 Desember 2023 - 17:04 WIB

Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan

22 September 2023 - 14:04 WIB

Terlalu Lama Jomblo Bikin Otak Lemot? Simak Ulasan Berikut ini!

8 Oktober 2022 - 20:01 WIB

Ingat, Ini Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Enteng

24 September 2022 - 06:30 WIB

Tim Audit Stunting Kayong Utara Sasar Keluarga Beresiko

15 September 2022 - 16:16 WIB

Cara Merawat Gigi Supaya Tetap Sehat, Begini Langkah-langkahnya!

21 Agustus 2022 - 07:15 WIB

Trending di Kesehatan