Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Kesehatan · 6 Agu 2022 06:59 WIB ·

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus secara Tepat, Simak Ini! (Bagian 4 dari 10)


 foto: Penanganan anak berkebutuhan khusus Perbesar

foto: Penanganan anak berkebutuhan khusus

MEDIKITA.COM – Perlu Anda ketahui bahwa penanganan anak berkebutuhan khusus perlu dilakukan secara tepat. Masalah anak berkebutuhan khusus menjadi masalah yang cukup berat dan menyeluruh. Mengingat dengan banyaknya jenis anak berkebutuhan khusus yang juga memiliki permasalahan berbeda-beda.

Simak Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

Penanganannya memang membutuhkan orang-orang sekitar seperti orang tua ataupun keluarga. Diharapkan mampu memberikan pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus. Bahkan bertanggung jawab untuk memberikan hak yang sama kepada anak berkebutuhan khusus dengan anak lainnya. Berikut ini adalah beberapa bentuk penanganannya.

Berikan Motivasi

Sebagian besar anak berkebutuhan khusus seringkali merasa cemas dan frustasi apabila ingin melakukan sesuatu. Hal ini karena menyadari akan keterbatasan yang dimilikinya. Penting bagi orang tua dan pendamping untuk selalu memotivasi dan membantu dalam mengatasi kekurangan serta mencapai potensinya.

Masukkan Anak ke Sekolah yang Tepat

Pendidikan merupakan instrumen penting bagi anak-anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Bagi para orang tua juga perlu untuk mendukung anak yakni dengan memasukkan ke sekolah. Salah satunya dengan memilih sebuah sekolah inklusi khusus untuk anak berkebutuhan khusus atau homeschooling.

Aktif dan Bergabung dalam Komunitas

Bergabung bersama komunitas ABK sebenarnya juga akan memberikan dampak positif untuk orang tua juga anak. Karena hal tersebut memungkinkan anak untuk saling bersosialisasi dan bermain yang akan membantu perkembangannya.

Ajarkan Makna Kehidupan

Anak berkebutuhan khusus terkadang tidak semangat untuk belajar. Kemungkinan takut salah dan tidak memahami pentingnya aktivitas tersebut. Penting bagi orang tua untuk mengajarkan dan memberitahu anak mengenai makna kehidupan. Misalnya kegagalan bukanlah hal yang memalukan dan ilmu akan sangat bermanfaat untuk hidupnya.

Apabila Anda memilih penanganan anak yang berkebutuhan khusus memanfaatkan bantuan pendamping maupun perawat. Pastikan memilih orang tepat juga profesional untuk menanganinya. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangannya kelak. (WY)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10)

13 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Bagaimana Cara Guru Menangani ABK yang Benar? Yuk Simak! (Bagian 9 dari 10)

12 Agustus 2022 - 07:01 WIB

Sikap Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Sabar Saja Gak Cukup! (Bagian 8 dari 10)

11 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Peran Lingkungan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Ini yang Bisa Kita Lakukan! (Bagian 7 dari 10)

10 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Tips untuk Orang Tua yang Anaknya ABK, Bisa Anda Tiru (Bagian 6 dari 10)

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, Mari Mengenal Lebih Dekat!

8 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Trending di Kesehatan