Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Kesehatan · 5 Agu 2022 07:00 WIB ·

Kenali 5 Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus (Bagian 3 dari 10)


 Foto: Ilustrasi Perbesar

Foto: Ilustrasi

MEDIKITA.COM – Faktor penyebab anak berkebutuhan khusus penting untuk menjadi perhatian kita bersama. Dengan mengetahui faktor penyebabnya ini, kita bisa memberikan tindakan secara tepat.

5 Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

Setidaknya, ada lima faktor yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Genetik

Faktor genetik ini artinya menurun secara genetik dari orang tua kepada anaknya. Penyebab berdasarkan genetik ini umumnya dipengaruhi oleh kelainan kromosom. Dalam kasus ini, anak-anak berkebutuhan khusus ditandai dengan autism sejak dini atau Down Syndrome.

  1. Infeksi

Faktor penyebab lainnya adalah infeksi. Hal ini terjadi karena berbagai serangan penyakit infeksi yang bisa menyebabkan anak berkebutuhan khusus, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Misalnya saja seperti Polio, infeksi TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalo Virus, Herpes), meningitis, dan jenis penyakit infeksi lainnya.

  1. Keracunan

Faktor yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus lainnya yakni keracunan. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan sang ibu selama anak masih dalam kandungan.

Misalnya saja, janin keracunan karena kebiasaan ibu mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Sang ibu yang mengonsumsi obat bebas tanpa adanya pengawasan dari dokter, sehingga berpotensi janin mengalami keracunan. Hingga, mengonsumsi jenis makanan yang mengandung zat-zat berbahaya.

  1. Trauma

Trauma yang dimaksud ini merupakan sebuah kejadian yang tak terduga dan anak mengalaminya secara langsung. Sebagai contoh proses kelahiran yang sulit.

Proses persalinan yang memiliki risiko tinggi. Selain itu, kelahiran yang membuat saluran pernafasan anak tersumbat. Sehingga, mengakibatkan afeksi atau penyumbatan otak karena kekurangan oksigen. Bahkan, trauma ini bisa karena bencana alam yang anak alami, hingga kecelakaan.

  1. Kekurangan Gizi

Saat anak memasuki masa tumbuh kembang, sang anak tidak boleh kekurangan gizi. Pasalnya, kekurangan gizi dapat memicu terjadinya kelainan metabolism atau penyakit parasit pada anak seperti cacingan. Hal ini bisa menjadi faktor penyebab anak berkebutuhan khusus. (WY)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10)

13 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Bagaimana Cara Guru Menangani ABK yang Benar? Yuk Simak! (Bagian 9 dari 10)

12 Agustus 2022 - 07:01 WIB

Sikap Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Sabar Saja Gak Cukup! (Bagian 8 dari 10)

11 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Peran Lingkungan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Ini yang Bisa Kita Lakukan! (Bagian 7 dari 10)

10 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Tips untuk Orang Tua yang Anaknya ABK, Bisa Anda Tiru (Bagian 6 dari 10)

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, Mari Mengenal Lebih Dekat!

8 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Trending di Kesehatan