Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Kesehatan · 3 Agu 2022 09:28 WIB ·

Yuk! Ketahui Arti Anak Berkebutuhan Khusus (Bagian 1 dari 10 Artikel)


 Yuk! Ketahui Arti Anak Berkebutuhan Khusus (Bagian 1 dari 10 Artikel) Perbesar

MEDIKITA.COM – Arti berkebutuhan khusus untuk sebagian anak mengarah kepada keterbatasan fisik, emosi, sosial dan intelektual.

Dalam hal ini anak-anak mengalami hambatan perkembangan yang membuat mereka tidak sama dengan anak seusia mereka pada umumnya.

Anak-anak terlahir dengan cerita masing-masing, salah satunya anak berkebutuhan khusus.

Melihat dari kata kebutuhan khusus tentu anak-anak tersebut membutuhkan suatu penanganan yang berbeda. Hal ini untuk menunjang kelangsungan hidup mereka dalam keseharian.

Dalam hal ini mereka yang memiliki keterbatasan fisik belum tentu memiliki intelektual, emosi, dan sosial yang terbatas.

Namun bagi anak yang memiliki keterbatasan dalam hal intelektual, emosi, dan sosial biasanya mereka memiliki fisik yang terbatas.

Untuk mengetahui anak memiliki keterbatasan dan memiliki suatu kebutuhan khusus tentu tidak mudah.

Sehingga untuk mengetahui hal ini memerlukan frekuensi penyimpangan yang tinggi dari suatu norma. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki norma yang berbeda.

Mereka yang memiliki perbedaan yang signifikan dari norma membuat mereka terhambat dalam melakukan berbagai aktivitas bersosial dan pribadi. Bahkan dalam hal pendidikan, hal tersebut menjadi penghambat.

Dalam pendeskripsian secara profesional merupakan sebuah ketidak mampuan (disabled), memiliki kesulitan (impaired), cacat (handicapped), terganggu (disordered), atau suatu kelainan (exceptional).

Anak berkebutuhan khusus menurut kategorinya terbagi menjadi beberapa kategori seperti cacat penginderaan, contohnya anak mempunyai kerusakan dalam pendengaran dan penglihatan.

Lalu ada kategori penyimpangan mental artinya anak tersebut sangat berbakat dan atau memiliki keterbelakangan mental.

Kemudian selain arti berkebutuhan khusus anak yang perlu dipahami, ada gangguan komunikasi hal ini berkaitan dengan kemampuan dalam berkomunikasi dan bahasa.

Cacat fisik bisa berupa kesulitan dalam hal kesehatan misalnya kondisi propendik, cacat bawaan serta ketidakmampuan untuk berkembang secara fisik.

Terakhir ada gangguan perilaku, untuk yang satu ini akan terlihat dalam perilaku emosi. (WY)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10)

13 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Bagaimana Cara Guru Menangani ABK yang Benar? Yuk Simak! (Bagian 9 dari 10)

12 Agustus 2022 - 07:01 WIB

Sikap Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Sabar Saja Gak Cukup! (Bagian 8 dari 10)

11 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Peran Lingkungan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Ini yang Bisa Kita Lakukan! (Bagian 7 dari 10)

10 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Tips untuk Orang Tua yang Anaknya ABK, Bisa Anda Tiru (Bagian 6 dari 10)

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, Mari Mengenal Lebih Dekat!

8 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Trending di Kesehatan