Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Bisnis · 29 Jul 2022 10:18 WIB ·

Satu Pena Sumbar Bedah Buku Pengantar Jurnalistik, Panduan Praktis Bagi Pemula 


 Satu Pena Sumbar Bedah Buku Pengantar Jurnalistik, Panduan Praktis Bagi Pemula  Perbesar

MEDIKITA.COM – Pada era keterbukaan informasi dan era teknologi informasi sekarang ini, profesi wartawan penuh peluang dan tantangan. Peluang besar karena siapa saja bisa membuat media massa, karena syaratnya dipermudah, cukup punya akta notaris dan izin usaha, lantas melengkapi persyaratan untuk bisa diverifikasi Dewan Pers.

Demikian diungkapkan Ketua DPD Satu Pena Sumatera Barat Sastri Bakry, Jumat (29/7/2022) di Padang saat persiapan bedah buku Pengantar Jurnalistik, Panduan Praktis Bagi Pemula. Menurut Sastri, bedah buku yang ditulis wartawan utama Armaidi Tanjung tersebut akan dibedah  Ketua Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Padang Dr. Ernita Arif, M.Si dan praktisi media Yurnaldi. Yurnaldi sendiri wartawan utama, mantan wartawan Kompas dan penulis sejumlah buku jurnalistik. Sedangkan moderator Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Padang Dr. Hasanuddin, M.Si.

Menurut Sastri, bedah buku yang bakal diselenggarakan pada Sabtu (6/8/2022) di Grand Hotel Basko Padang, terbuka untuk umum, praktisi, wartawan, mahasiswa, guru, dosen dan peminat jurnalistik. Dengan kontribusi Rp 100.000, peserta mendapatkan makan siang, buku yang dibedah, e-sertifikat dan disediakan 10 doorprize. ”Info registrasi ke Imratul Handayani (085274869760) dan link pendaftaran https://bit.ly/BBagustus,” kata Sastri.

Sementara itu, Penulis buku Armaidi Tanjung menyebutkan, buku ini dimaksudkan bagi yang ingin mengetahui seluk beluk jurnalistik, wartawan, media pers, wawancara dan  tentunya teknik menulis berita, pengertian berita, konsep berita, nilai berita, syarat layak berita, lead berita, judul berita, sumber berita dan hak jawab. “Selain berita, buku ini juga menguraikan terkait isi media massa. Seperti tajuk rencana, tulisan artikel, tulisan esai, tulisan kolom, profil atau sosok, kartun/karikatur, resensi, surat pembaca, pojok, dan iklan,” kata Armaidi Tanjung, penulis puluhan buku ini.

Dikatakan Armaidi, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini muncul  dunia maya, media siber. Buku ini juga menguraikan peluang dan tantangan media siber, organisasi media siber, media sosial dan berita hoaks.

Menurut Yurnaldi, buku Pengantar Jurnalistik Panduan Praktis Bagi Pemula yang ditulis Armaidi Tanjung dan Rabiah Al-Adawiyah Arni Putri ini, materinya  relatif lengkap dan dijelaskan dengan gamblang, serta ada contoh karya jurnalistiknya. “Hal ini tentu membuat pembaca, calon wartawan, dan wartawan muda menjadi mudah memahaminya dan mempraktikkannya,” tutur Yurnaldi menambahkan.

Dikatakan Yurnaldi, bedah buku terkait jurnalistik dan wartawan di Sumatera Barat memang masih langka. Karena itu, bedah buku ini bisa menjadi wadah perbincangan kerja-kerja jurnalistik, baik yang dilakukan wartawan, kominfo, humas  di instansi pemerintah, swasta dan lembaga pendidikan lainnya. (*)

 

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Baca Lainnya

Kisah Inspiratif Sepatu Si Bapak Tua

13 Agustus 2022 - 23:01 WIB

Kisah Inspiratif Sepatu Si Bapak Tua

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10)

13 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Bagaimana Cara Guru Menangani ABK yang Benar? Yuk Simak! (Bagian 9 dari 10)

12 Agustus 2022 - 07:01 WIB

FDIK UIN Syarif Hidayatullah Punya Doktor Socialwork

28 Juli 2022 - 15:52 WIB

Apakah Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi?

26 Juli 2022 - 22:42 WIB

Cara Pintar Matematika Bagi Anak, Anda Wajib Terapkan Metode Pembelajaran Ini!

25 Juli 2022 - 17:06 WIB

Trending di Pendidikan