Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

News · 25 Jul 2022 05:36 WIB ·

Kemenag Dorong UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Percepat Guru Besar Pasca Alih Status   


 Kemenag Dorong UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Percepat Guru Besar Pasca Alih Status    Perbesar

MEDIKITA.COM—Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, mendorong agar UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UIN SI) Samarinda mempercepat penambahan guru besar pasca alih status menjadi UIN.

Harapan itu disampaikan Kasubdit Ketenagaan Direktorat Diktis, Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori pada Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Karir Dosen UIN SI Samarinda pada Jumat (22/7).

Ruchman menegaskan kebutuhan guru besar dilingkungan PTKI belum terpenuhi jika disesuaikan dengan jumlah prodi dan perguruan tinggi. “Kini regulasi memungkinkan Kemenag menetapkan angka kredit Lektor Kepala dan Guru Besar, pada dosen harus tambah semangat untuk menjadi professor”, katanya.

Guru Besar Psikologi Islam UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag yang didaulat menjadi nara sumber mengatakan proses penghitungan dan penetapan angka kredit Lektor Kepala dan Guru Besar Rumpun Ilmu Agama memiliki standar kualitas tertentu.

“Tidak benar kalau di Kemenag proses menjadi LK dan GB lebih mudah. Benar ada penyederhanaan alur birokrasi, tetapi standar mutu menjadi orientasi utama”, tegas Mujib.

Kepada 40 calon Lektor Kepala dan Guru Besar UIN Samarinda berpesan agar para pengusul harus bekerja keras, teliti dan sabar dalam melengkapi persyaratan, terutama syarat khusus berupa jurnal bereputasi internasional.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN SI Samarinda Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag bertekad untuk terus menambah jumlah guru besar dengan langkah konkrit, berupa pendampingan dan bimbingan.

UIN SI lanjut Nasir memiliki 5 guru besar, berasal dari 235 dosen yang ada di 4 fakultas. Calon guru besar yang saat ini berpangkat akademik Lektor Kepala berjumlah 65 dan selebihnya berpangkat Lektor dan Asisten Ahli.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Karir Dosen UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda diikuti 40 dosen dari berbagai fakultas dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswanaan dan Kerjasama Dr. M. Abzar D, M.A dan sejumlah civitas akademika lainnya.

Sebelumnya Jumat Siang (22/07) telah dilakukan pengukuhan 3 guru besar UIN Samarinda oleh Direktur Diktis Prof. Dr. Amin Suyitno, M.Ag, yaitu Prof. Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan, Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag guru besar dalam bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Prof. Alfitri, M.Ag, LL,M.,Ph.D guru besar dalam bidang Ilmu Hukum Islam. (RB).

 

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Peserta PD-PKPNU Diminta Perkuat Islam Aswaja An-nahdiyah

15 Agustus 2022 - 06:42 WIB

Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik

13 Agustus 2022 - 07:53 WIB

Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Nurul Yaqin Batipuah Ateh Terima Bantuan BLK Komunitas dari Kementerian Ketenagakerjaan RI

12 Agustus 2022 - 22:04 WIB

Final Piala AFF U-16: Indonesia Unggul 1-0 atas Vietnam di Babak Pertama

12 Agustus 2022 - 21:07 WIB

Supranatural Dalam Pilkada Hantarkan Hary Efendi Iskandar Meraih Gelar Doktor, Ketum DPP PJS: Selamat Buat Ajo Hary

12 Agustus 2022 - 18:01 WIB

Jelang Satu Abad, NU Luncurkan Sembilan Program Utama

11 Agustus 2022 - 14:51 WIB

Trending di News