NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Mengetahui Jenis-Jenis Wayang dan Makna Gunungan Wayang - Medikita.com

Menu

Mode Gelap
Pernah Tersandung Kasus Hukum, Irman Gusman Gagal Nyalon DPD? Camat Banda Raya Lantik Pj Keuchik Gampong Mibo Sah, Dokter Reza Arsalan Dilantik Sebagai Kepala Puskesmas Termuda Se-Aceh Selatan Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KIP Kota Banda Aceh Sosialisasikan PKPU Kampanye dan PKPU Dana Kampanye Undang Prof Muhadam Labolo, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Selenggarakan Kuliah Tamu

Sosial Budaya · 24 Jul 2022 19:55 WIB ·

Mengetahui Jenis-Jenis Wayang dan Makna Gunungan Wayang


 Mengetahui Jenis-Jenis Wayang dan Makna Gunungan Wayang! Perbesar

Mengetahui Jenis-Jenis Wayang dan Makna Gunungan Wayang!

MEDIKITA.COM – Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional yang sampai saat ini masih banyak dilestarikan. Ada berbagai jenis-jenis wayang yang patut kita simak. Sebab, setiap jenis wayang memiliki kriteria dan jalan cerita yang berbeda.

Jenis-Jenis Wayang yang Perlu Anda Tahu

Jika Anda merupakan orang yang suka kesenian wayang, maka sebaiknya Anda harus tahu apa saja jenis wayang yang bisa kita saksikan dalam kesenian yang tersirat berbagai macam budaya ini.

  1. Wayang Golek

Wayang golek merupakan salah satu jenis wayang yang sangat populer dan banyak dijumpai di kawasan Jawa Barat. Bentuknya seperti orang tiga dimensi dan dibuat dengan menggunakan potongan kayu.

  1. Wayang Beber

Nah, untuk wayang beber ini merupakan jenis wayang yang tertua di Indonesia. Sesuai dengan namanya, cara memainkan jenis wayang ini yaitu dengan cara dibeberkan atau dibentangkan pada kertas yang memiliki gambar.

  1. Wayang Purwa

Wayang Purwa merupakan jenis wayang yang dibuat dengan menggunakan kulit kerbau yang berbentuk pipih. Kaki dan tangan wayang ini bisa digerak-gerakan untuk memainkannya.

Wayang ini juga memiliki berbagai macam gaya, mulai Ngayogjokarto hingga gaya kasunanan.

Makna Filosofi Gunungan Wayang Islam

Para Walisongo ternyata sangat cerdas dan kreatif dalam memasukkan dakwah untuk masyarakat lewat budaya Jawa. Salah satu dakwah yang dilakukan lewat budaya ini yaitu gunungan wayang islam yang terdapat dalam jenis-jenis wayang.

Perlu Anda tahu, jika gunungan dalam pewayangan ini digambarkan sebagai kehidupan. Jadi di dalamnya terdapat kehidupan dunia dan isinya. Mulai dari manusia, hewan, pepohonan semua tertera dalam gunungan tersebut.

Kemudian, gunungan yang dibuat dengan bentuk segilima ini diartikan sebagai gambaran sholat 5 waktu yang wajib dilakukan umat manusia yang beragama islam.

Kemudian, gunungan paling atas yang berbentuk runcing ini digambarkan bahwa manusia yang hidup di dunia ini memiliki satu tujuan. Yaitu untuk yang di atas, Allah SWT.

Kemudian, dalam gunungan wayang Anda juga akan melihat gambar kepala raksasa. Nah, kepala raksasa tersebut menggambarkan bahwa ada manusia yang hidup di bumi ini memiliki sifat yang rakus seperti halnya setan.

Ada juga gambar jin-jin dan setan yang terdapat pada gunungan tersebut. Lalu apa maknanya? Jadi, jin dan setan ini menggambarkan jika manusia hidup di bumi ini akan banyak godaan, cobaan, ujian. Dan musibah yang bisa mengancam keselamatan.

Itulah jenis-jenis wayang dan makna yang tersirat dalam gunungan wayang dalam Islam. (WY)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Kenali Pengaruh & Hubungan Budaya dengan Perilaku Konsumen

30 September 2022 - 13:51 WIB

Ternyata Sepenting Ini Peran Budaya dalam Pendidikan!

23 September 2022 - 10:32 WIB

Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia, Kenali Lebih Dekat!

21 September 2022 - 13:55 WIB

Ciri Kebudayaan Nasional, Identitas dan Jati Diri Bangsa

20 September 2022 - 14:35 WIB

Keragaman Sosial Budaya Indonesia, Ini Jenisnya

15 September 2022 - 07:00 WIB

Hubungan Budaya dan Agama yang Perlu Anda Ketahui

13 September 2022 - 10:52 WIB

Trending di Sosial Budaya