Menu

Mode Gelap
KPU Resmi Menutup Pendaftaran Partai Calon Peserta Pemilu 2024, 24 Partai Dinyatakan Lengkap Firdaus Firman Kadis Kominfo Solsel, Diganjar IJTI sebagai Penyampai Informasi Terbaik Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10) Mengenal Rabab Alat Kesenian Tradisional Populer Minangkabau Final Piala AFF U-16, Sejumlah Tokoh Nasional Prediksi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Pendidikan · 21 Jul 2022 00:36 WIB ·

Mau Sukses Jadi CPNS, Anda Mesti Tahu ini…..


 Mau Sukses Jadi CPNS, Anda Mesti Tahu ini Perbesar

Mau Sukses Jadi CPNS, Anda Mesti Tahu ini

MEDIKITA – Setiap peserta CPNS untuk dapat lolos ke tahap selanjutnya hingga dinyatakan diterima, sudah pasti melewati berbagai serangkaian tes. Salah satunya yakni SKB. SKB adalah seleksi kompetensi bidang CPNS.

Tes ini merupakan tes lanjutan setelah Tes Kompetensi Dasar. Tujuan dari tes ini yaitu untuk menguji wawasan bakal atau peserta CPNS seputar bidang yang akan mereka geluti.

Tak hanya itu saja, tes ini juga menguji bidang lainnya seperti psikotes hingga TOEFL.

Tidak semua peserta CPNS dapat mengikuti tes ini. Seperti pembahasan sebelumnya, hanya peserta yang berhasil lolos Tes Kompetensi Dasar saja.

Namun, untuk sampai pada tahap ini, para peserta CPNS harus melewati persaingan yang ketat. Pasalnya, peserta SKB ini ditentukan paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan jabatan.

Materi SKB

Pelaksanaan SKB ini kita lakukan secara offline berbasis Computer Assisted Test (CAT). Para peserta mendapatkan waktu mengerjakan soal sebanyak 90 menit untuk formasi umum.

Sedangkan untuk formasi disabilitas mendapatkan waktu 120 menit. Instansi Pembina Jabatan Fungsional merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk menyusun materi SKB ini.

Kemudian, materi SKB tersebut akan mereka integrasikan ke dalam bank soal pada sistem CAT. Meskipun demikian, ada beberapa instansi yang menyelenggarakan jenis tes lainnya. Sehingga materi SKB tersebut menjadi lebih beragam.

Antara lain seperti psikotes, tes potensi akademik, tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesegaran jasmani atau tes kesamaptaan, tes praktik kerja, uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, wawancara, maupun tes lainnya yang sesuai dengan persyaratan jabatan.

SKB adalah tes CPNS yang memiliki prosedur cukup ketat. Pasalnya, tak hanya SKB dengan sistem CAT saja, instansi pusat pun juga bisa melaksanakan SKB tambahan paling tidak satu jenis tes lainnya. Maka dari itulah, dalam tahapan ini peserta CPNS harus memiliki persiapan yang matang. (*)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kisah Inspiratif Sepatu Si Bapak Tua

13 Agustus 2022 - 23:01 WIB

Kisah Inspiratif Sepatu Si Bapak Tua

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusif, Wajib Tahu! (Bagian 10 dari 10)

13 Agustus 2022 - 07:00 WIB

Bagaimana Cara Guru Menangani ABK yang Benar? Yuk Simak! (Bagian 9 dari 10)

12 Agustus 2022 - 07:01 WIB

Satu Pena Sumbar Bedah Buku Pengantar Jurnalistik, Panduan Praktis Bagi Pemula 

29 Juli 2022 - 10:18 WIB

FDIK UIN Syarif Hidayatullah Punya Doktor Socialwork

28 Juli 2022 - 15:52 WIB

Apakah Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi?

26 Juli 2022 - 22:42 WIB

Trending di Pendidikan